Kebanyakan tukang kolam menyadari pentingnya menggunakan air berkualitas baik di habitat kolam ikan. Tidak mengerti cara mendapatkan atau menjaga kualitas air dapat menjadi tantangan bagi sebagian pemilik kolam ikan. Air anda mungkin jernih, tetapi ikan Anda mungkin tidak beraktivitas seperti biasanya yang ini bisa jadi menandakan bahwa sesuatu mungkin terjadi di kolam Anda. Ikuti 7 tips kami di bawah ini untuk membantu menjaga air kolam ikan anda tetap bersih!

1.Pertahankan populasi ikan yang sehat

populasi ikan

Jika Anda memiliki lebih dari 10 ikan untuk setiap 100 galon air, kolam ikan anda kemungkinan sudah kelebihan muatan. Limbah ikan yang berlebihan dapat menyebabkan ketidakseimbangan dalam air kolam. Pertimbangkan untuk mencarikan beberapa dari mereka rumah baru. Banyak pengecer dan kontraktor kolam yang mau menerima ikan anda.

2. Jangan memberi makan terlalu banyak

Saat anda memberi makan ikan lebih banyak daripada yang bisa mereka makan, makanan yang tidak dimakan akan membusuk di kolam. Jangan memberi makan ikan anda lebih dari sekali sehari, dan tidak lebih dari yang dapat mereka makan dalam 2 sampai 3 menit. Hapus semua sisa makanan yang tersisa.

3.Buat lingkungan tanaman yang proporsional

Pada puncak musim, kolam anda seharusnya tidak lebih dari 40% hingga 60% dari luas permukaan kolam anda yang tertutup atau diteduhi tanaman. Terlalu banyak tanaman dapat menyebabkan kekurangan oksigen pada malam hari karena proses fotosintesis, ketika tanaman mengambil oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida.

4.Pilih ukuran pompa yang tepat untuk kolam Anda

Anda harus mengedarkan seluruh volume air kolam minimal satu kali setiap jam. Pastikan aliran pompa Anda tidak tertutup oleh kotoran dan berhati-hatilah agar tidak memompa air lebih tinggi dari yang dimaksudkan. Setiap pompa memiliki keterbatasan alirannya. Lihat bagan di bagian luar kotak pompa untuk memastikan pompa anda adalah pilihan yang tepat untuk kolam Anda.

5.Bersihkan kotoran dari kolam sebelum sempat membusuk

clean the pond

Kotoran yang membusuk, dikombinasikan dengan sisa makanan ikan, dapat menyebabkan tingkat amonia melonjak di kolam Anda. Bersihkan kolam Anda dan tambahkan mikroba yang bermanfaat seperti Aquascape Beneficial Bacteria untuk membantu membuatnya tetap sehat dan bersih.

6. Pilih filter yang tepat untuk kolam Anda

Filter Anda harus sesuai dengan ukuran kolam Anda. Ingat, sebagian besar produsen menilai filter mereka berdasarkan keadaan yang ideal, dan jika anda melebihi itu, filter anda menjadi kurang efektif. Selalu lebihkan ukuran filter anda sehingga dapat menangani lebih dari kapasitas kolam anda. Juga ingat untuk membersihkan filter anda sesuai dengan instruksi pabrik.

7.Pertahankan kolam Anda sejuk selama hari-hari musim kemarau

Ketika air kolam melebihi 75ยบ Fahrenheit, itu memiliki waktu yang lebih sulit mempertahankan tingkat oksigen terlarut yang dapat diterima. Inilah mengapa penting untuk memiliki kolam Anda yang dinaungi oleh tanaman air (lihat tip # 3). Ikan membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup. Jika Anda melihat mereka di permukaan kolam terengah-engah, tambahkan aerator untuk membantu mereka selama masa panas yang ekstrim.

Open chat
Need Help ?
Ahlan wa Sahlan
Ada yang bisa dibantu ?